Forum Interaktif Desa #2 “Mengawal Perencanaan Desa”

” Mengawal Perencanaan Desa “

Pada Forum Interaktif Desa (FID) #1 membahas tentang keterlibatan perempuan dalam pembangunan desa yang ada di Kabupaten Wonosobo, banyak mengulas tentang pengalaman beberapa perempuan yang berhasil berperan aktif dalam segala bidang.

Pada FID #2 mengangkat tema tentang mengawal perencanaan desa yang masih kurangnya kesadaran masyarakat terkait perencanaan ini. Dalam diskusi menarik ini menghadirkan 4 narasumber yang berpengalaman yaitu Bambang Wahono kades mergolangu, Dwi Saraswati sekcam kalikajar, Junaedi Kepala dinas kesehatan kabupaten wonosobo dan Septiaji Eko Nugroho sebagai pendiri dan ketua mafindo.

Ada nasib 160.000 warga miskin yang harus diperjuangkan. Lingkaran setan kemiskinan desa harus segera dituntaskan.

Banyak yang berharap kemiskinan desa semakin sirna karena pembangunan desa. Dan ingatlah bahwa pembangunan desa berbeda dengan “pembangunan” di desa.

Pembangunan desa bermakna bahwa kesehatan, pendidikan dan kelompok rentan harus didukung banyak suara di musyawarah desa agar perencanaan pembangunan desa berdampak sejahtera.

Nasib kesejahteraan warga tidak hanya bergantung pada visi kepemimpinan Kepala Desa akan tetapi juga membutuhkan kepedulian warga.

Penting untuk memastikan warga mengetahui haknya memperoleh informasi dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan di desa. Dan beruntung warga desa Wonosobo karena sudah memiliki open data desa.

Tapi keterbukaan informasi tidak cukup hanya berdampak reaksi melainkan harus melahirkan interaksi. Dan literasi adalah salah satu kunci agar tercipta interaksi. Saatnya menjadikan keterbukaan informasi sebagai obrolan bergengsi yang berbuah ide dan strategi.

Mengawal bukan berarti mengekang. Kita yang menyatakan peduli hendaknya turut menemani desa menggapai impiannya dengan sumbangan rasa dan karsa.

Selamat melaksanakan hajat perencanaan desa bagi 236 desa. Ciptalah impian desa, berilah warna dan makna pada perencanaan desa agar berdampak desa sejahtera. Saatnya membiasakan perencanaan desa yang benar dan luar biasa bukan membenarkan yang biasa.

#catatanforuminteraktifdesa #mengawalperencanaandesa #explorewonosobo #opendatadesa

plan RKPDesa 2019

MENGAWAL PERENCANAAN DESA YANG PARTISIPATIF DAN INKLUSIF

Talkshow perencanaan inklusif

Bicara KIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *